Sinopsis Buku Lautku Duniaku

ld 169 x 224    
     

Sinopsis

Kita menyadari bahwa permukaan bumi ditutupi oleh daratan dan lautan. Mempelajari Indonesia secara singkat berdasarkan letak geografis, bahwa Indonesia membentang luas di wilayah sekitar khatulistiwa (equator) di Asia Pasifik dari 940 Bujur Timur (BT) sampai dengan 1410 Bujur Timur (BT) dan 60 Lintang Utara (LU) sampai 110 Lintang Selatan (LS), dapat dikatakan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia terdiri dari banyak pulau yang sebagian besar berada di bawah permukaan laut. Dibandingkan luasnya dengan kontinen Eropa, Amerika dan Australia, maka wilayah laut Indonesia layak disebut sebagai Benua Maritim (Maritime Continent).

Buku ini ingin menyajikan pemahaman mengenai Lautan. Bagaimana pun lautan tetap penting dipahami, karena Lautan juga menjadi tempat hidup dan berkembangbiaknya fauna dan flora laut yang sebagian besar didominasi oleh ikan. Keberadaan laut dan pepohonan di darat juga bermanfaat sebagai pengontrol iklim.

Memahami laut tentu membutuhkan ilmunya. Secara sederhana misalnya, ilmu yang mempelajari laut disebut oseanografi (materi oseanografi ini juga dijelaskan dalam naskah ini). Perkembangan oseanografi seirama dengan meningkatnya tuntutan hidup manusia. Lautan merupakan tempat sumber daya alam yang terbarukan maupun sumber daya alam yang tak terbarukan. Berbagai jenis ikan sebagai salah satu sumber makanan manusia dijumpai melimpah di lautan. Semua itu telah dan akan menghidupi manusia yang menempati bumi ini sepanjang masa.

 

Keterangan Buku


Judul Buku

Lautku Duniaku

Penulis
Indriani Sri Pangastuti

Kode Buku
UM-03

Halaman
viii + 144

Ukuran Buku
18 x 25 cm (B5)

Cetakan I
Desember 2020

ISBN
978-623-95801-3-1

0
0
0
s2sdefault