Sinopsis Buku Manajemen Perencanaan Transportasi Multimoda di Indonesia

sinopsis mptd    
     

Sinopsis

Transportasi atau pengangkutan adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan, baik yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan (kuda, sapi, kerbau), atau mesin. Konsep transportasi didasarkan pada adanya perjalanan (trip) antara asal (origin) dan tujuan (destination).

Perjalanan adalah pergerakan orang dan barang antara dua tempat kegiatan yang terpisah untuk melakukan kegiatan perorangan atau kelompok dalam masyarakat. Perjalanan dilakukan melalui suatu lintasan tertentu yang menghubungkan asal dan tujuan, menggunakan alat angkut atau kendaraan dengan kecepatan tertentu. Jadi perjalanan adalah proses perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Angkutan Multimoda adalah angkutan barang dengan menggunakan paling sedikit 2 (dua) moda angkutan yang berbeda atas dasar 1 (satu) kontrak sebagai dokumen angkutan multimoda dari satu tempat diterimanya barang oleh badan usaha angkutan multimoda ke suatu tempat yang ditentukan untuk penyerahan barang kepada penerima barang angkutan multimoda.

Kegiatan angkutan multimoda meliputi kegiatan yang dimulai sejak diterimanya barang oleh badan usaha angkutan multimoda dari pengguna jasa angkutan multimoda sampai dengan diserahkannya barang kepada penerima barang dari badan usaha angkutan multimoda sesuai dengan yang diperjanjikan dalam dokumen angkutan multimoda. Buku ini membekali pembaca mengenai dan memahami berbagai aspek yang terkait dengan transportasi multimoda, antara lain sarana, prasarana, sistem serta penyelenggaraan terkait angkutan umum dan angkutan barang yang ada di Indonesia.

Keterangan Buku

Judul Buku
Manajemen Perencanaan Transportasi Multimoda di Indonesia

Penulis
Mulyo, S.E., M.M.
Indrianingtyas Pancawardhany, S.H., M.H.

Kode Buku
Man10

Halaman
xii + 164

Ukuran Buku
18 x 25 cm (B5)

Cetakan I: Desember 2020

ISBN
978-623-95801-2-4

0
0
0
s2sdefault