Sinopsis Buku Analisis Dampak Lalu Lintas (Teori dan Studi Kasus)

sinopsis ad    
     

Sinopsis

Analisis dampak lalu lintas adalah suatu kajian khusus yang dilakukan untuk menilai pengaruh yang dapat mengakibatkan perubahan tingkat pelayanan pada ruas dan/atau persimpangan jalan yang diakibatkan oleh lalu lintas jalan yang dibangkitkan suatu kegiatan dan/atau usaha pada suatu kawasan tertentu.

Konsep analisis dampak lalulintas awalnya dikembangkan di Amerika karena komunitas menyadari bahwa pengembangan pusat kegiatan baru selalu membebankan lalulintas baru pada jalan-jalan umum. Besar kecilnya pengaruh terhadap lalulintas yang telah ada ini tergantung pada intensitas dan karakteristik bangunan serta bangkitan perjalanan yang ditimbulkannya. Dengar pendapat (public hearing) diprakarsai pemerintah melibatkan pengusaha (pengembang pusat kegiatan baru), masyarakat dan konsultan pun dilaksanakan untuk mencari solusi terbaik bagi penanganan dampak lalulintas ini.

Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan wajib dilakukan analisis dampak lalu lintas. Analisis dampak lalu lintas, untuk selanjutnya disebut Andalalin dimaksudkan untuk mengetahui dampak lalu lintas dari pembangunan suatu kegiatan dan/atau usaha tertentu yang hasilnya dituangkan dalam bentuk dokumen Andalalin. Hal ini dikaitkan bahwa setiap perubahan guna lahan akan mengakibatkan perubahan di dalam sistem transportasinya.

Pembangunan pusat kegiatan, permukiman, dan infrastruktur yang baru akan memengaruhi lalu lintas yang ada di sekitar kegiatan baru tersebut. Dengan Andalalin maka dapat diperhitungkan seberapa besar bangkitan dan tarikan perjalanan baru yang terjadi yang memerlukan upaya peningkatan/perbaikan untuk mengakomodasikan perubahan yang terjadi akibat pembangunan baru.

Keterangan Buku

Judul Buku
Analisis Dampak Lalu Lintas (Teori dan Studi Kasus)

Penulis
Dr. Pungkas Hendratmoko, S.SiT., MM.Tr.
Mulyo, S.E., M.M.

Kode Buku
Man09

Jumlah Halaman
viii + 112

Ukuran Buku
18 x 25 cm (B5)

Cetakan I November 2020

ISBN: 978-623-95801-1-7

0
0
0
s2sdefault