Rakyat Jangan Mau Jadi Korban Ekonomi

   
     

PEKALONGAN – Rakyat kecil dan miskin sering jadi korban kebrutalan ekonomi. Untuk itu, anggota Komisi XI DPR RI Prof Dr Hendrawan Supratikno mengingatkan agar rakyat kecil jangan mau jadi korban.


Hal tersebut ditegaskan Prof. Hendrawan sebagai Nara Sumber dalam seminar dan diskusi interaktif Optimalisasi Pengawasan Industri Jasa Keuangan di Hotel Horison Pekalongan Jumat malam (4/5/2018).

Dikatakan, dari kondisi miskin, rakyat dituntut memenuhi kebutuhan sosial yang tinggi. Seperti hajatan hingga kebutuhan memaksa lain. Akhirnya jadi korban rentenir. Kemudian saat ekonomi bangkit, pulang jadi TKI, langsung ditawari investasi bodong. Uang dalam sekejap hilang lagi.

“Teknologi, juga membuat kaum miskin mendapat kesulitan, kayak e-money untuk tol, banyak yang saldo kurang karena kurang paham, jadi repot,” keluhnya.

Mistisme dan harapan dapat uang secara cepat juga menjadi godaan. Sehingga muncul penggemar togel, percaya penggalangan uang dan sebagainya. Untuk itu, dirinya berharap peran pemerintah dalam membantu berikan pemahaman kepada kaum miskin tersebut.

Selama ini katanya, DPR banyak mendapat keluhan dari masyarakat karena praktik investasi bodong yang menggiurkan. Menurutnya, perlindungan konsumen investasi dan keuangan sudah menjadi tema sentral sejak pembentukan UU Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dia meminta OJK proaktif dan segera mengeluarkan peraturan OJK yang bukan hanya bersifat preventif. Tapi juga ada tenaga pengawas yang proaktif serta mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi nasabah yang dirugikan.

0
0
0
s2sdefault