Bank Indonesia dan Citra Institute Gelar Seminar dan Diskusi Interaktif

   

​PEKALONGAN - Bank Indonesia Cabang Tegal bersama Citra Institute menggelar Seminar dan Diskusi Interaktif di Hotel Horison Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat 4 Mei 2018.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan peran dan fungsi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi .

Dalam paparannya, Kepala Kantor BI Tegal, Joni Marsius menegaskan, tujuan adanya Bank Indonesia adalah untuk mencapai dan memelihara stabilitas nilai tukar rupiah. “Sistem keuangan yang sehat serta kelancaran dan keamanan sistem pembayaran merupakan prasyarat efektifitas suatu kebijakan moneter. Kebijakan moneter yang tidak tepat bisa mengakibatkan terganggunya stabilitas keuangan. Kelancaran dan kemananan sistem pembayaran mendukung stabilitas sistem keuangan dan efektifitas kebijakan sistem moneter”.

Berdasarkan data yang ada, sistem keuangan Indonesia kuartal I 2018 masih sangat kuat walaupun tekanan pada pasar keuangan mengalami peningkatan. “Sistem keuangan yang stabil dan terkendali ditopang oleh fundamental ekonomi yang kuat, kinerja lembaga keuangan yang membaik serta kinerja emiten di pasar modal yang stabil” ujar Joni Marsius.

Pengamat ekonomi keuangan Prof. Hendrawan Supratikno mengatakan, ada beberapa penyebab terjadinya kemiskinan antara lain pengangguran atau tidak memiliki pekerjaan dan kebodohan serta inflasi. “Stabilitas ekonomi Indonesia itu seperti suplai oksigen untuk kehidupan. Untuk itu, perlu diperjuangkan”, paparnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekda Kab. Pekalongan Ali Riza mengatakan, angka kemiskinan di Kab. Pekalongan mengalami penurunan meskipun kecil, yakni dari 12,96% menjadi 12, 61%. Untuk menekan hal tersebut, ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah daerah seperti adanya fasilitasi di bidang kesehatan dan pendidikan. “Untuk mendorong peningkatan ekonomi, ke depan kami harapkan ada kerja sama dengan Bank Indonesia” paparnya.

0
0
0
s2sdefault