Tak Mau Andalkan Jasa Pengelolaan Uang Asing, Bank Indonesia Segera Luncurkan GPN

 
 
 
     
TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Bank Indonesia selaku pengatur dan pengawas perbankan di Indonesia yang juga sebagai peyelengara pembayaran dalam waktu dekat berencana meluncurkan kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).
 
Dengan adanya GPN diharapkan pengelolaan administrasi keuangan perbankan yang selama ini dipegang oleh pihak asing bisa dikelola oleh negara. Pasalnya, untuk jasa pengelolaan administrasi keungan, negara harus mengeluarkan triliuan rupiah setiap tahunnya.
 
Dikatakan Hamid Ponco Wibowo Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Tengah, selama ini administrasi perbankan di Indonesia dikelola oleh pihak asing seperti Visa dan Master.
 
"Untuk itu, Bank Indonesia meluncurkan inovasi GPN, guna mengatasi ketergantungan akan jasa keuangan dari pihak asing," katanya usai menghadiri seminar dan diskusi interaktif bertema peran dan fungsi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi, di Hotel Pesona Kota Pekalongan, Senin (6/8/2018).
 
Pihak Bank Indonesia akan melakukan sosialisasi sekaligus peluncuran GPN ke semua daerah yang ada di Jateng pada 19 Angustus mendatang. Dengan harapan pada tahun 2022 semua warga Indonesia memiliki GPN.
 
"Selain bekerja sama dengan Pemerintah, kami juga akan melakukan koordinasi bersama perbankkan yang mengeluarkan kartu debit maupun kredit. Nantinya semua kartu yang dikeluarkan bank akan dibubuhi logo GPN berupa burung garuda berwarna merah," paparnya.
 
Hamid menambahkan, jika pengelolaan administrasi keungan dikelola pihak asing merupakan sebuah kerugian. Karena pihak yang mengelola tahu data-data perbankkan di Indonesia.
 
"Kalau nominal pengeluran untuk jasa pengelolaan administrasi keuangan saya kurang paham. Namun negara mengeluarkan triliunan rupiah untuk jasa tersebut, jika negara bisa mengelola sendiri pasti akan memangkas pengeluaran dan dengan GPN perbankkan di Indonesia bisa berdaulat," katanya.
 
Ditambahkannya terkait keamanan dan ketersediaan Sumber Daya Masyarakat (SDM) ataupun teknologinya dalam peluncuran GPN, pihak Bank Indonesia sudah menyiapkannya. "Kami sudah siap, terkait keamanan ataupun SDM nya. Semoga saja inovasi Bank Indonesia bisa memajukan negara," timplanya. (*)
 
 
 
 
0
0
0
s2sdefault